Latihan

LATIHAN ULANGAN UMUM IPA KELAS 9

1)  Yang bukan organ ekskresi adalah:

2)    Sistem ekskresi membuang zat sisa….

3)    Ren berfungsi membersihkan ….

4)    Pembuluh yang menyaring darah adalah ….

5)    Urin sekunder dihasilkan oleh ….

6)    Urin dikeluarkan dari ginjal melalui ….

7)    Di dalam tubuh, urin ditampung di ….

8)    Kelenjar terbesar yang dimiliki manusia adalah ….

9)    Urine berwarna kuning karena mengandung ….

10) Sisa metabolisme yang keluar dari integument adalah ….

11) Air dan garam mineral diambil dari pembuluh darah di kulit oleh ….

12) Karbondioksida dikeluarkan oleh organ ….

13) Radang glomerulus menyebabkan penyakit ….

14) Terjadi pembengkakan di kaki karena banyak cairan adalah penderita ….

15) Bila nefritis tidak disembuhkan dapat menyebabkan ….

16) Kulit berwarna kuning adalah penderita ….

17) System pembuangan hasil metabolisme yang berlebih disebut ….

18) Nefron terdapat pada ginjal lapisan ….

19) Organ pencuci darah adalah ….

20) Di dalam nefron terdapat ….

21) Tubulus konturtus distal menghasilkan urine  ….

22) Rongga di dalam ginjal adalah ….

23) Pembuluh yang terdapat pada medulla  adalah ….

24) Yang menyerap racun dalam tubuh adalah ….

25) Urin berbau pesing karena mengandung ….

26) Organ yang menjaga suhu tubuh adalah ….

27) Sebagai organ ekskresi, pulmo mengeluarkan ….

28) Urine banyak mengandung albumin adalah cirri penderita ….

29) Bila gula darah terlalu tinggi, dapat diobati dengan pemberian ….

30) Timbul bercak kebiru-biruan pada kulit dan dingin adalah tanda penderita ….

31) Terlalu banyak minum minuman keras dapat mengakibatkan ….

32) Organ yang sering disebut sebagai penyaring darah adalah ….

33) Nefritis merupakan peradangan pada ….

34) Dalam system ekskresi, merokok dapat menyebabkan gangguan pada ….

35) alat reproduksi perempuan terdiri dari ….

36) Pembentukan sperma terjadi di ….

37) Keputihan menyerang organ ….

38) Kemampuan suatu mahluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut:

39) Koloni semut suka berjalan berbaris merupakan adaptasi:

40) Perubahan lingkungan di pulau Jawa yang begitu cepat menyebabkan punahnya…

41) Untuk beradaptasi terhadap lingkungan yang cukup air, tumbuhan mempunyai cirri-ciri:

42) Walaupun setiap hari ribuan yang mati, nyamuk tidak punah. Hal ini dikarenakan nyamuk ….

43) Hewan yang berkembang biak dengan pembuahan di luar adalah:

44) Yang bertanggung  jawab dalam meneruskan sifat induk ke turunannya adalah….

45) Jika kucing berbulu tebal dan hitam kawin dengan kucing berbulu putih tipis memiliki anak berbulu putih tebal, maka yang dominan adalah….

46) Jika kelinci memiliki genotip PPhh, maka gametnya adalah….

47) Kelinci putih dengan genotip Pp dikawin dengan kelinci putih Pp, kemungkinan anaknya berwarna hitam adalah….

48) Pemanfaatan teknologi dalam bidang biologi untuk kesejahteraan manusia disebut….

49) Yang termasuk biotek tradisional adalah….

50) Bakteri yang digunakan untuk membuat tempe adalah….

51) Listrik yang diam pada suatu benda adalah ….

52) Bagian terkecil suatu zat yang masih memiliki sifat zat tersebut adalah ….

53) Partikel  atom yang yang bermuatan listrik positif adalah ….

54) Partikel atom yang netral adalah ….

55) Suatu benda akan bermuatan listik positif bila  jumlah elektron lebih … dari proton

56) Kita dapat membuat benda bermuatan listrik dengan cara ….

57) Bila kaca digosok dengan kain sutra maka kaca akan bermuatan ….

58) Mika akan betmuatan negatif bila digosok dengan ….

59) Wol akan bermuatan positif bila digosok dengan ….

60) Balon digosok dengan wol jadi bermuatan negatif karena adanya perpindahan ….

61) Wilayah disekitar benda bermuatan listrik disebut ….

62) Gaya yang ditimbulkan antara dua benda bermuatan listrik disebut gaya ….

63) Semakin jauh letak dua benda bermuatan listrik sejenis, gaya tolaknya semakin ….

64) Bila dua benda bermuatan listrik tidak sejenis didekatkan maka akan saling ….

65) Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi …. Listrik

66) Alat penghasil listrik statis yang besar adalah generator ….

67) Pada konduktor berongga, muatan listrik tersebar pada bagian ….

68) Muatan listrik akan menyebar merata pada permukaan bila benda berbentuk ….

69) Peristiwa alami akibat dari listrik statis adalah ….

70) Alat yang menggunakan listrik statis adalah ….

71) Sebatang kaca dapat diberi muatan listrik dengan cara….

72) Bila bola plastik digosok dengan wol, maka bola akan….

73) Balon yang bermuatan positif akan ditolak oleh….

74) Benda bermuatan listrik dapat dideteksi dengan alat….

75) Bola bermuatan 2.10-5 didekatkan 10 cm dengan bola lain yang bermuatan 3.10-6 akan mengalami gaya listrik sebesar….

76) Arus listrik dapat mengalir dari suatu titik ketitik lain pada suatu penghantar bila antara kedua titik terdapat ….

77) Bila penghanbat 4 ohm, 6 ohm dan 12 ohm disusun parallel maka besar hambatan subtitusinya adalah ….

78) Empat penghambat yang identik dirangkai sebagai berikut. Jika tiap penghambat bernilai 10 ohm, maka penghambat penggantinya adalah ….

  1. c.
  1. d.

29) Perhatikan table berikut!

Beda potensial (v) 3 6 9 12
Kuat arus (A) 2 4,5 6 9

Berapakah kuat arus listrik yang mengalir bila diberi beda potensial 24 V?

30) Semakin besar beda potensial pada ujung-ujung kawat penghantar, kuat arusnya semakin….

31) Sebuah lampu berhambatan 12 ohm dialiri arus listrik 0,25 A. Maka tegangan pada lampu adalah….

32) Manakah dari yang berikut ini konduktor terbaik listrik?

33) Hambatan suatu penghantar yang panjangnya satu meter dan luas penampangnya satu meter persegi adalah ….

34) Perhatikan gambar!

1,5 A

I2

2 A

Besarnya arus I2 adalah ….

5 A

35) Alat-alat listrik dirumah kalian dipasang parallel karena ….

36) Penemu elemen volta adalah ….

37) Kutub positip pada elemen volta adalah ….

38) Kutub negative pada baterai adlah ….

39) Alat untuk mengukur kuat arus listrik adalah ….

40) Kapasitas muatan aki dihitung dalam satuan ….

41) Elemen yang dapat diisi kembali adalah elemen ….

42) Arus listrik mengalir bila pada penghantar terdapat ….

43) Elemen volta termasuk kedalam golongan elemen ….

44) Timbal pada akumulator bermuatan ….

45) Banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap detik disebut ….

46) Arus yang mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah adalah ….

47) Larutan elektrolit pada elemen volta adalah ….

48) Alat ukur listrik yang dipasang secara parallel dalam rangkaian adalah ….

49) Alat listrik yang berfungsi untuk menyambung dan memutus arus listrik dalam rangkaian adalah ….

50) Alat listrik yang berfungsi sebagai pengaman adalah ….

51) Tegangan jepit dapat dihitung secara matematis dengan persamaan..

52) Berikut ini adalah kelemahan elemen Volta, yaitu

53) Kutub positif baterai digunakan….

54) Instrumen manakah yang digunakan untuk mengukur suatu arus listrik?

55) Sebuah resistor 27 ohm dihubungkan ke listrik 9 V maka kuat arus yang melalui lumpu adalah….

56) Alat utama yang digunakan pada PLTA dan PLTU adalah ….

57) Alat yang digunakan untuk menghitung banyaknya energi listrik di rumah-rumah adalah ….

58) Alat yang merubah energi kimia menjadi energi listrik adalah ….

59) elemen pemanas pada lampu pijar menggunakan kawat ….

60) Gas yang digunakan untuk mengisi lampu pijar adalah ….

61) Kawat yang banyak digunakan sebagai elemen pemanas adalah ….

62) Kemampuan suatu alat untuk menyerap energi listrik disebut ….

63) Pada PLTD, generator digerakkan dengan tenaga ….

64) Pembangkit listrik yang tidak menggunakan generator adalah ….

65) Perusahaan yang mengatur perlistrikan di Indonesia adalah ….

66) Satuan energi listrik adalah ….

67) Sedangkan air conditioner merubah energi listrik menjadi ….

68) Sedangkan gas yang digunakan untuk mengisi lampu neon adalah ….

69) Solder adalah alat yang merubah energi listrik menjadi ….

70) Tegangan listrik yang diberikan pada rumah-rumah di Jakarta adalah ….

71)

72) Seutas kawat diberi bedapotensial sebesar 12 V pada ujung-ujungnya. Jika kuat arus 2 A mengalir pada kawat, berapakah energi yang mengalir melalui kawat tersebut setiap 10 detiknya?

73) Sebuah setrika memiliki hambatan 100 ohm digunakan pada tegangan 200 v. berapakah kalor yang ditimbulkan setrika tiap menitnya?

74) Sebuah lampu bertuliskan 220v;100W, artinya….

75) Sebuah lampu 25w digunakan selama 10 jam perhari, berapa kwh energi yang digunakan satu minggunya?

76) Jika bibi menyetrika selama setengah jam tiap harinya dengan menggunakan setrika 300w dan ongkos listriknya Rp 500,- per kwh, maka biaya listrik selama satu bulan untuk menyetrika bibi adalah Rp. ….

77) Berapa kwh kah energi listrik sebesar 7,2 MJ?

78) Alat yang merubah energi gerak menjadi listrik adakah….

79) Pada PLTN perubahan energi berturut-turut adalah….

80) Cara yang tepat menghemat energi listrik adalah….

81) Alat yang hemat energi listrik di bawah ini adalah….

82) Sebutkan 4 organ ekskresi manusia!

83) Sistem pembuangan hasil metabolisme disebut ….

84) Organ ekskresi yang berfungsi mencuci darah adalah ….

85) Nefron banyak terdapat pada ginjal di lapisan ….

86) Filtrasi darah terjadi pada pembuluh ….

87) Urine sekunder dihasilkan oleh pembuluh ….

88) Urine disalurkan ke kandung kemih melalui ….

89) Suatu arus listrik disebabkan oleh pergerakan  ….

90) Organ yang sering disebut sebagai penyaring darah adalah ….

91) Arus listrik dapat mengalir dari suatu titik ketitik lain pada suatu penghantar bila antara kedua titik terdapat ….

92) Paru-paru mengeluarkan zat-zat sisi metabolism berupa ….

93) Instrumen manakah yang digunakan untuk mengukur suatu arus listrik?

94) Untuk mempertahankan jenisnya, mahluk hidup melakukan ….

95) Kelenjar yang menghasilkan sperma adalah ….

96) Hormon yang dihasilkan oleh testis adalah ….

97) Saluran penampung sperma adalah ….

98) Penghubung epididimis dengan uretra adalah ….

99) Proses peleburan sel telur dengan sel sperma disebut ….

100)     Listrik yang diam pada suatu benda adalah ….

101)     Bagian terkecil suatu zat yang masih memiliki sifat zat tersebut adalah …

102)     Partikel  atom yang yang bermuatan listrik positif adalah ….

103)     Partikel atom yang netral adalah ….

104)     Suatu benda akan bermuatan listik positif bila  jumlah elektron lebih … dari proton

105)     Kita dapat membuat benda bermuatan listrik dengan cara ….

106)     Bila kaca digosok dengan kain sutra maka kaca akan bermuatan ….

107)     Mika akan betmuatan negatif bila digosok dengan ….

108)     Wol akan bermuatan positif bila digosok dengan ….

109)     Balon digosok dengan wol jadi bermuatan negatif karena adanya perpindahan ….

110)     Muatan listrik 120 C berpindah melalui kawat penghantar yang menghubungkan kedua kutub sumber tegangan selama 5 menit. Kuat arus listriknya adalah ….

111)     Pembentukan sperma terjadi di ….

112)     Dalam rangkaian ampermeter disusun secara ….

113)     ovulasi adalah peristiwa ….

114)     Arus yang mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah adalah ….

115)     Arus listrik mengalir bila pada penghantar terdapat …

116)     Banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap detik disebut ….

117)     Alat untuk mengukur kuat arus listrik adalah ….

118)     Elemen yang dapat diisi kembali adalah elemen ….

119)     Penemu elemen volta adalah ….

120)     Tegangan suatu baterai ketika baterai tersebut tidak digunakan disebut ….

121)     alat reproduksi perempuan terdiri dari ….

122)     Kutub positip pada baterai digunakan ….

123)     Kesamaan dari elemen volta dengan akumulator adalah ….

124)     Sumber tegangan yang tidak dapat diisi kembali muatannya bila telah habis adalah ….

125)     Perbedaan antara bioteknologi konvensional dengan bioteknilogi modern pada ….

126)     Satuan dari hambatan listrik adalah….

127)     Produk bioteknologi modern anatara lain ….

128)     Hambatan listrik dapat diukur langsung dengan ….

129)     Hambatan suatu penghantar yang panjangnya satu meter danluas penampangnya satu meter persegi adalah ….

130)     Manakah dari yang berikut ini konduktor terbaik listrik?

131)     Bila penghanbat 4 ohm, 6 ohm dan 12 ohm disusun parallel maka besar hambatan subtitusinya adalah ….

132)     Alat untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik adalah ….

133)     Hambatan suatu kawat penghantar tidak bergantung pada … kawat.

134)     Alat-alat listrik dirumah kalian dipasang parallel karena ….

135)     Pada saat aki di-charge, pada aki terjadi perubahan energi ….

136)     Pembangkit listrik yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi adalah ….

137)     Pembangkit listrik yang tidak menggunakan generator sebagai alat utama pengubah energi adalah ….

138)     Kawat yang banyak digunakan sebagai elemen pemanas adalah ….

139)     Setiap detik melalui penghantar yang beda potensialnya 10 V, mengalir arus listrik 2 A. Energi kalor yang ditimbulkan ….

140)     Alat-alat listrik yang mengubah energi listrik menjadi kalor adalah ….

141)     Sebuah setrika listrik bertuiskan 440 W, 220 V. hal ini berarti bahwa setrika tersebut memerlukan ….

142)     Sekring adalah alat yang digunakan untuk ….

143)     Besar energi listrik yang digunakan di rumahmu diukur oleh meteran listrik dalam satuan ….

144)     Sekring terendah yang dapat digunakan untuk melindungi sebuah perlatan listrik 1000 W yang bekerja pada 240 V adalah ….

145)       Berapa hambatan total dari seratus penghambat, masing-masing 20 ohm jika dirangkai :

  1. secara seri
  2. secara parallel

146)       Tentukan muatan listrik yang mengalir melalui filament lampu 12 V, 25 W setiap menitnya?

147)       Sebutkan lapisan-lapisan pada ginjal!

148)       Mengapa wanita mengalami menstruasi?

149)       Adaptasi morfologi adalah ….

150)       Adaptasi fisiologi adalah ….

151)       Adaptasi tingkah laku adalah ….

152)       Berikan 3 contoh adaptasi tingkah laku!

153)       Berikan 3 contoh adaptasi fisiologi!

154)       Berikan 3 contoh adaptasi morfologi!

155)       Berikan 3 contoh hewan yang berkembang biak dengan beranak!

156)       Berikan 3 contoh hewan yang bertelur dengan fertilisasi internal!

157)       Berikan 3 contoh hewan yang berkembang biak dengan pembuahan diluar!

158)       Mengapa suatu mahluk hidup dapat punah?

159)       Apa yang harus kita lakukan terhadap hewan-hewan yang sudah langka?

download latihanLATIHAN ULANGAN UMUM IPA KELAS 9

Iklan

18 Komentar

  1. Agustinus Bintoro said,

    weq,@#%@^$%@&%^&%!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Theresia_9d said,

    fungsi glomerulus tuh apaan sih sr??

  3. Kevin L 9A said,

    bedeh sirr .. gag tahaaannn .. susahh bgtt .. bs botak ni para murid .. wajajajajajaja ..

  4. ju9c said,

    sr klo blajar dr latihan ul 100 kgk?

  5. Bboy Pain said,

    swt ni knp ga skalian jwbanny sr ? wkwk , susa skalee , blajar mlm” . smbil maen lg.

  6. johan said,

    WEQS, BSED DAH LATIAN SOALNYA AJA DAH SUSAH APA LAGI ULANGANNYA
    SIR LAIN KALI KALO KASIH ULANGAN YANG GAMPANG DUNG ><

  7. Agustinus Bintoro,9b said,

    geli ulangannya,tpi gw gk taw tuh lulus apa kagak ulangan,=-=”

  8. Queency said,

    sr..up to date dikit dunk..ms msh yg ekskresi si?

  9. steven said,

    GG soal na…
    xixixi..

  10. kelvin9b said,

    ulangan teori + rumus = pusiiiiiiiiinnnngggggggg!!!!!

  11. Davin said,

    Latihan Begini gmn Ulangan ?? =D

  12. Cool said,

    =D

  13. Kevin L 9A said,

    wkakakakak .. glaa .. mntapp dahh sr ajii .. wakakakkak .. ea ea .. bboy painn .. wkwkwk .. thx ni sir, sgt amat brmnfaat .. wkwkwk ..

  14. steven t 9a9a9a9a said,

    jwbannya napa sir pajang yg BESAR!!!!

  15. Davin said,

    Sr Bsok Mank ada Ulangan ???

  16. rainer 9b said,

    soal sir emang paling top dah

  17. cool said,

    D=

  18. Davin said,

    Lemari Es Merubah Listrik Jadi Apaan ??? ==

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: